Azizturn's Blog

Just another Aziz blog :D

Mengenal Paragraf Deduktif


Dalam paragraf deduktif, ide-ide yang telah dirumuskan dalam kalimat diatur dengan ide yang bersifat umum (premis mayor), diletakkan pada bagian awal, dan diikuti dengan ide yang bersidat khusus. Penataan ini dapat direalisasikan dengan menampilkan kalimat topik lebih dahulu (pada awal paragraf), kemudian dilanjutkan dengan kalimat penjelas. Kalau digambarkan, organisasi paragraf deduktif itu akan tampak seperti berikut.

Ide Umum

khusus 1

khusus 2

khusus 3

khusus 4

khusus 5

Penjelas (ide penunjang) dapat berupa bukti, contoh, ilustrasi, data statistik, perincian, dan sebagainnya. Bukti dapat diambil dari hasil pengamatan (observasi) atau hasil penelitian yang sahih. dalam paragraf deduktif, kalimat yang berisi ide pokok ditempatkan diawal paragraf.

Contoh :

Tertawa itu dapat menyehatkan jiwa. Dalam penelitian ilmiah telah dibuktikan bahwa tertawa itu dapat membebaskan manusia dari berbagai kemelut, misalnya stress dan bentuk-bentuk ketegangan jiwa yang lain. Dengan tertawa, tentunya tertawa setulusnya, manusia dapat meredakan ketegangan dan dapat mengurangi masalah yang dipikirkan. Beban berat masalah yang dialami menjadi berkurang, sehingga seseorang dapat memecahkan dengan pikiran sehatnya. Berdasarkan penelitian tentang tertawa disimpulkan bahwa orang yang senang tertawa pada umumnya awet muda dan panjang umur.

One response to “Mengenal Paragraf Deduktif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: