Azizturn's Blog

Just another Aziz blog :D

Sikap saya dalam menghadapi kritikan


Dalam menghadapi kritikan, hendaknya kita bisa bijak menerimanya. Percaya atau tidak, kritikan adalah salah satu hal penting yang bisa mengantar seseorang ke puncak keberhasilan. Karena dengan adanya kritikan, seseorang menjadi terpacu dan ingin menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyikapi kritikan adalah :

  • Sadarilah bahwa tidak ada manusia yang sempurna didunia ini.

Ya, Semua orang pasti pernah membuat kesalahan, begitupula dengan anda. Jadi anggaplah kesalahan atau kekhilafan yang anda buat adalah suatu hal yang wajar dan manusiawi.

  • Tahan amarah anda.

Usahakan untuk tidak marah, sadarilah bahwa anda tidak bisa untuk mencegah orang lain untuk mengatakan apa yang ingin mereka katakan. Jika anda tidak bisa menahan amarah, maka akan sulit bagi anda menerima kritikan.

  • Terimalah dengan pikiran terbuka dan tetap positif.

Bisa jadi orang yang mengkritik anda salah, namun orang lain selalu memiliki pendapat berbeda, bersikaplah terbuka, coba untuk berpikir dari sudut pandang si pengkritik. Jangan melihat caranya menyampaikan kritikan, tapi lihatlah apa niat baik dan maksud dibalik kritikan itu.

  • Jangan masukan kritik ke dalam hati.

Ingatlah bahwa kritikan itu ditujukan pada usaha anda, hasil produk anda, pakaian anda, dan lainnya, camkan bahwa kritikan itu bukan untuk pribadi anda. Usahakan untuk tetap menjaga hubungan jangka panjang. Jika kritik disampaikan secara berlebihan, tidak proporsional dan membuat anda tidak nyaman, anda tenang saja, kemungkinan orang tersebut adalah orang yang tidak mempunyai banyak teman karena bisa jadi orang lain juga banyak yang tidak nyaman didekatnya.

  • Mintalah keterangan lebih spesifik.

Lihat sisi positifnya, pahami bahwa kritikannya bisa bermanfaat bagi anda.

  • Jangan membalas kritikan dengan kritikan.

Fokuslah pada bagaimana anda menghadapi kritikan, jangan membalas kritikan, membalas kritikan sama saja menyalakan api, dan bisa jadi anda malah terlibat suatu permasalahan.

Jadi bisa disimpulkan kritikan itu sangat penting untuk kemajuan seseorang. Selama kritikan yang diberikan bisa menjadikan anda lebih baik kenapa gak ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: