Azizturn's Blog

Just another Aziz blog :D

Membuat Local Repository Debian Squeeze


Pada kesempatan kali ini akan membahas bagaimana membuat repositori lokal di debian squeeze. kenapa? tentu saja karena koneksi yang di pake sehari-hari ga bisa di harapkan klo harus download dari server repository langsung😛 dan kebetulan ada koneksi yang kenceng di kantor untuk download dvd repo😀 jadi nantinya klo install paket tertentu ga membutuhkan internet lagi😀

Pertama yang pasti download dulu dvd repo nya, bisa di download di kambing (UI) – http://kambing.ui.ac.id/iso/debian/6.0.6/amd64/iso-dvd/

Setelah di download jadi ada 8 dvd klo downloadnya dari url di atas :

$ ls
1.iso 2.iso 3.iso 4.iso 5.iso 6.iso 7.iso 8.iso

Kemudian mount setiap iso yang sudah di download :

$ mount -o loop /mnt/d/Debian/1.iso /mnt/repo1/

Langkah di atas di ulangi sampai iso ke 8, Untuk lokasi bisa di sesuaikan dengan lokasi nyimpen isonya dan mau di mount kemana ( buat dulu foldernya klo blm ada)

Klo udah di mount, biar pc klo abis di restart ga perlu mount-mount iso lagi maka bisa di tambahkan di /etc/fstab seperti ini :

/mnt/d/Debian/1.iso /mnt/repo1/ iso9660 user,ro,loop 0 0
/mnt/d/Debian/2.iso /mnt/repo2/ iso9660 user,ro,loop 0 0
/mnt/d/Debian/3.iso /mnt/repo3/ iso9660 user,ro,loop 0 0
/mnt/d/Debian/4.iso /mnt/repo4/ iso9660 user,ro,loop 0 0
/mnt/d/Debian/5.iso /mnt/repo5/ iso9660 user,ro,loop 0 0
/mnt/d/Debian/6.iso /mnt/repo6/ iso9660 user,ro,loop 0 0
/mnt/d/Debian/7.iso /mnt/repo7/ iso9660 user,ro,loop 0 0
/mnt/d/Debian/8.iso /mnt/repo8/ iso9660 user,ro,loop 0 0

Sesuaikan dengan lokasi folder / iso di pc anda.

Ok setelah itu edit file /etc/apt/sources.list menjadi :

deb file:/mnt/repo1 squeeze main contrib
deb file:/mnt/repo2 squeeze main contrib
deb file:/mnt/repo3 squeeze main contrib
deb file:/mnt/repo4 squeeze main contrib
deb file:/mnt/repo5 squeeze main contrib
deb file:/mnt/repo6 squeeze main contrib
deb file:/mnt/repo7 squeeze main contrib
deb file:/mnt/repo8 squeeze main contrib

Terakhir coba update :

$ aptitude update

Setelah itu coba install paket, jadi sekarang klo mau install paket ga usah konek ke internet cukup dari repositori lokal aja😀

One response to “Membuat Local Repository Debian Squeeze

  1. jonathan@sutindo.com 15 November 2013 at 10:05

    terus cara untuk update paket data nya gimana ?
    misalkan di dvd iso nya ada paket squid2 , sedangkan squid sudah ada yang squid3..
    bagaimana cara updatenya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: